C++ di Era Aplikasi Modern

Era pengembangan aplikasi modern meliputi multi-device dan multi-platform. Banyak bahasa pemrograman, seperti Objective-C, Java, and C# , digunakan dalam pengembangan aplikasi modern tersebut. Bahasa pemrograman C++ telah digunakan sejak tahun 80-an hingga sekarang. Tentunya C++ sudah memiliki komunitas developer yang besar.

Sejarah Singkat C++

C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di Bell Labs  pada tahun 80-an. Bahasa C++ dikembangkan dari bahasa C yang sudah banyak digunakan oleh berbagai system sejak diciptakan oleh Dennis Ritchie tahun 1972. Dengan semakin berkembangnya kebutuhan system maka diperlukan suatu metode pemrograman berorientasi obyek yang mampu menangani system yang semakin besar itu, baik dari organisasi, arsitektur dan performance system dengan lebih baik.

C++ mendapat sambutan baik dari dunia industri telekomunikasi (Bell Lab) pada saat itu. Hingga saat ini C++ juga digunakan pada sistem swithcing dan sistem operasi yang membuat kita saling terhubung ke seluruh dunia.

C++ mendapat standard ANSI/ISO pertama pada 1998 dan kemudian diupdate pada 2011 menjadi standard C++ 11 dengan fokus pada konsep usability dan kompleksitas bahasa. Direncanakan C++ juga akan mendapatkan update standard pada 2017 ini. ( https://en.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B#Standardization ).

Kinerja Terbaik dengan C++

C ++ tetap menjadi bahasa yang populer digunakan disamping Java, C# dan Objective-C. Kita akan mendapatkan banyak function dan library yang tersedia dalam bahasa C++ untuk diintegrasikan ke dalam aplikasi yang kita develop.

Sistem Operasi di Ponsel kita mungkin dibuat dengan program Java di Android atau Objective-C di IOS, tapi tahukah Anda bahwa ada banyak program C / C ++ dalam memori ponsel kita.  C / C ++ menggerakkan banyak teknologi perangkat kecil dan jaringan telekomunikasi yang memungkinkan perangkat ini saling berinteraksi (seperti untuk kernel dan run time library).

Android NDK adalah salah satu contoh toolset dari C / C ++ yang dibuat awalnya untuk tim pengembangan game untuk memungkinkan tim mendapatkan kinerja aplikasi terbaik di perangkatnya dibandingkan dengan Android Java runtime Dalvik, virtual mesin yang menjalankan kode Java Android.

Banyak Library yang ditulis dengan bahasa C++ yang digunakan untuk mendukung sistem operasi berbagai perangkat itu, misalnya POSIX (Portable Operating System Interface) adalah salah satu contoh API (Appication Programming Interface) yang librarynya ditulis dengan bahasa C/C++ . Contoh lainnya adalah OpenGL/ES untuk library grafik. Dengan Library C++, kita cukup menambahkan #include di header program C++ kita.

Selain Android NDK disisi client side development, disisi server side development C++ juga banyak dipakai umumnya di industri telekomunikasi, finance, engineering dan semua industri yang membutuhkan kinerja sistem optimal. Karena C++ adalah bahasa kompilasi yang jalan di CPU secara langsung maka dikatakan C++ adalah bahasa untuk kinerja terbaik. Itulah sebabnya banyak developer game yang menggunakan C++ untuk membuat program gamenya. Di server side development C++ memberikan benefit kinerja pada Server dan Backend System yang merupakan bagian dari ekosistem aplikasi mobile saat ini.

 

 

Send your comment